Gerhana Matahari 26 Jan 2009

02.54


Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) merilis, hari ini tanggal 26 januari 2009 terjadi gerhana matahari, jalur lintasan gerhana matahari cincin dimulai dari Samudera Hindia sekitar selatan perairan benua Afrika pada pukul 06.06 GMT atau 13.06 WIB. Kemudian menelusuri Samudera Hindia, daratan Sumatera bagian Selatan, Jawa paling barat, Kalimantan Barat-Tengah-Timur, sebagian provinsi Gorontalo sebelum berakhir di perairan Selatan Mindanao, Filipina pada pukul 09.52 GMT atau 16.52 WIB, atau 17.52 WITA.

Wilayah Indonesia yang pertama kali kontak dengan sentral gerhana adalah Pulau Enggano. Puncak gerhana saat bayang-bayang bulan akan menutupi 92,82 persen permukaan matahari terjadi pada pukul 08.00 GMT atau sekira pukul 15.00 WIB, dengan lokasi berada di tengah Samudera Hindia.

Secara umum GMC kali ini akan terjadi pada sepanjang 14.500 km dengan lebar jalur bayang-bayang bulan yang menutupi sinar matahari selebar 280 km atau melewati 0,9 persen luas seluruh permukaan bumi dengan lama gerhana 3 jam 46 menit.
Meskipun masyarakat Indonesia tidak bisa menyaksikan gerhana matahari total, tapi jangan khawatir. Fenomena alam itu bisa disaksikan melalui live streaming di situs www.exploratorium.edu/eclipse/2008 .

Situs museum ilmu pengetahuan ini akan merekam berlangsungnya gerhana secara detil dengan menggunakan teleskop, dan disiarkan melalui satelit di Yiwu, China. Disajikan lengkap dengan fasilitas bantuan waktu dan tanggal di tiap daerah dan negara.



Bookmark and Share

1 komentar:

Dr Pr mengatakan...

huhu,,,,di jogja ga kliatan sama sekali

so so so menyedihkan
mendung bgt sih, gara2 imlek tuh
ujan mulu


Select Your Language

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Arsip Blog :



penjelajah